Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Psikosis Paska Melahirkan

Thursday, December 13, 2018 Posted by Unknown No comments
Pendahuluan
Psikosis paska persalinan adalah merupakan suatu gangguan kejiwaan yang ditandai ketika seorang ibu yang baru melahirkan mengalami kesulitan membedakan mana hal yang nyata dan mana yang tidak nyata. Gangguan ini sangat jarang, terjadi 1-2 kasus per 1000 persalinan. Ini adalah suatu gangguan  serius dan gawat darurat yang memerlukan penanganan segera. Mereka yang mengalami psikosis paska melahirkan biasanya memiliki riwayat gangguan jiwa sebelumnya seperti psikosis, skizofrenia atau bipolar, bisa juga memiliki anggota keluarga yang memiliki gangguan kejiwaan (faktor genetik).

Tanda dan Gejala
Psikosis paska melahirkan memiliki beberapa gejala yang dapat dikenali, diantaranya :
·         Halusinasi, gangguan persepsi panca indra :
o   Merasa mendengar suara-suara, bisikan yang berkomentar, mengajak ngobrol, menyuruh melakukan sesuatu. Pada keadaan yang berat, suara bisikan nya menyuruh untuk melakukan hal yang fatal seperti melukai diri sendiri, bayinya atau orang lain.
o   Melihat bayangan-bayangan, makhluk halus
o   Merasa di badan seperti ada sesuatu yang menempel, menjalar, seperti ada yang menindih, seperti ada binatang
o   Mencium bau bauan yang harus, busuk, bau sampah, kotoran
o   Merasakan di lidahnya seperti ada rasa rasa yang aneh
Semuanya tidak ada pemicu/pencetusnya
·         Delusi / waham, gangguan pada isi pikir, persepsi, keyakinan yang tidak sesuai dengan kenyataan.
o   Waham kejar : merasa seperti ada yang mengejar ngejar, merasa ada yang ingin membunuh dan berbuat jahat sehingga merasa ketakutan, curiga berlebihan
o   Waham rujukan : merasa orang-orang seperti membicarakan dirinya atau memperhatikan dirinya
o   Waham kebesaran : merasa memiliki kehebatan, kekuatan yang tidak dimiliki orang lain, merasa dirinya nabi, Tuhan dan orang yang hebat
o   Waham nihilistik : merasa diri tidak berarti, tidak berguna, tidak layak hidup
·         Mudah tersinggung, sensitif dan gampang marah
·         Bicara tidak nyambung, pembicaraan kacau
·         Gelisah atau banyak diam
·         Menarik diri dari relasi dengan orang lain
·         Sulit tidur

Penyebab
Gangguan Psikosis Paska melahirkan disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia (neurotransmiter) dopamin di saraf otaknya. Hal ini dapat dicetuskan oleh :
·         Faktor genetik, ada riwayat gangguan jiwa sebelumnya atau anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa
·         Riwayat sakit yang berat seperti kejang, demam tinggi, gangguan metabolisme, elektrolit dalam tubuh sebelumnya
·         Penggunaan narkoba
·         Trauma kepala, jatuh, terbentuk, kecelakaan sebelumnya
·         Stres kehidupan yang berat seperti keinginan  yang tidak tercapai, kekecewaan, kehilangan seseorang yang dikasihi, kesedihan yang mendalam.

Terapi / Penanganan
Gangguan ini harus cepat ditangani sebelum bertambah berat, segera berkonsultasi ke psikiater untu mendapatkan pertolongan. Terapi yang akan diberikan :
·         Medikasi / obat-obatan :
o   Obat anti psikotik : obat ini akan bekerja pada sel saraf otak sehingga gejala gejala akan berkurang dan hilang. Obat yang diberikan bisa dalam bentuk suntikan, obat tablet, obat tetes atau obat yang mudah larut di lidah.
o   Obat anti cemas : Obat ini bertujuan mengurangi dan menghilangkan kecemasan dan kegelisahan sehingga si ibu bisa istirahat. Pemberiannya dengan obat tablet atau suntikan
o   Mood stabilizer : ini adalah obat yang bertujuan menstabilkan mood yang naik turun sehingga si ibu bisa lebih tenang.
·         Konseling / terapi bicara : Yang diberikan adalah psikoterapi yang bersifat suportif yang bertujuan menguatkan kembali mental si ibu dan memberikan ibu kesempatan untuk menceritakan yang menjadi beban pikiran dan perasaannya.

Apa yang Dapat Dilakukan Keluarga
Ketika ada anggota keluarga yang mengalami gangguan Psikosis Paska Melahirkan ini, maka harus segera di bawa ke IGD atau psikiater untuk segera mendapatkan pertolongan medis. Ini adalah penyakit medis dan bukan hal yang gaib atau supranatural. Penanganan yang cepat dan tepat akan membantu proses pemulihan. Hal yang bisa dilakukan keluarga yang lain adalah :
·         Memberikan dukungan psikologis dengan banyak mendengarkan, tidak berkonfrontasi, tidak berargumentasi
·         Menjauhkan benda-benda yang berbahaya seperti benda benda yang tajam
·         Menjaga bayi yang baru dilahirkan untuk melindungi dari perilaku agresif ibu yang tidak bisa diperkirakan
·         Memberikan obat-obatan yang diberikan psikiater secara teratur, tepat waktu dan berkelanjutan
·         Memberikan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
·         Mengajak melakukan aktivitas fisik yang ringan akan membantu membuat badan lebih segar dan fit, seperti jalan pagi, senam ringan, dll.

Gangguan psikosis paska melahirkan ini adalah gangguan yang berat sehingga pengenalan gejala yang cepat dan penanganan yang tepat diperlukan untuk pemulihan. Hindari membawanya ke tempat tempat alternatif yang akan memperlambat proses pemulihan.

0 comments:

Post a Comment