Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Wednesday, December 21, 2016 Posted by Lahargo Kembaren No comments

Klinik Early Psychosis di RS Marzoeki Mahdi Bogor





Kesehatan Jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.Seseorang dapat menjalani kehidupannya dengan tenang, baik dan produktif bila memiliki kesehatan jiwa yang baik sehingga kesehatan jiwa perlu diupayakan tetap baik. Upaya Kesehatan Jiwa adalah setiap kegiatan untuk mewujudkan derajat kesehatan jiwa yang optimal bagi setiap individu, keluarga, dan masyarakat dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang diselenggarakan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/ atau masyarakat. 

Pada suatu masa dalam kehidupannya seseorang dapat mengalami masalah kejiwaan, salah satunya adalah gangguan psikosis. Psikosis adalah gangguan kejiwaan yg ditandai dengan ketidakmampuan seseorang membedakan mana yg tidak nyata dan mana yg nyata. Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Widiasih (2006) mengenai Lama Mencari Pertolongan Medis Psikiatrik  pada Pasien Psikosis Episode Pertama  diidapatkan informasi bahwa masyarakat lebih memilih pengobatan tradisional dalam mencari pertolongan ketika ada anggota keluarganya yang mengalami masalah kejiwaan. Hal ini mengakibatkan terjadinya keterlambatan dalam identifikasi dan penanganan masalah kejiwaan yang kemudian berdampak pada berkurangnya produktivitas dan lebih sulitnya masalah kejiwaan tersebut ditangani

Terdapat trend peningkatan kasus gangguan psikosis di masyarakat dan RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor yang adalah Rumah Sakit Jiwa tertua di Indonesia menjawab masalah ini dengan mendirikan sebuah klinik 'early psychosis ' yg menjadi centre utk pelayanan yg holistik dan paripurna, pemeriksaan dan terapi dari psikiater, psikolog, perawat jiwa dan pekerja sosial menjadi bagian dari pelayanan yg diberikan. Klinik ini diresmikan oleh direktur utama RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor, dr.Bambang Eko S, SpKJ, MARS pada bulan November 2016.

Pelayanan yang diberikan di klinik ini antara lain adalah :
Skrining
Pemeriksaan
Penatalaksanaan
  1. Psikofarmaka
  2. Psikoterapi
  3. Rehabilitasi psikososial
  4. Asuhan Keperawatan
ACT (Assertive Community Treatment)
Crisis Intervention
Case Management
Psikoedukasi
 
Target dalam pelayanan yang diberikan adalah agar pasien yang 
mengalami masalah kejiwaan seperti psikosis dalam mengalami 
pemulihan (recovery), bebas dari gejala dan dapat kembali berfungsi 
serta produktif dalam menjalankan kehidupannya sehari hari.
 
Layanan ini bisa diakses masyarakat dengan menggunakan fasilitas 
JKN/BPJS. 
 
Psikosis adalah gangguan jiwa yang dapat menyebabkan seseorang 
mengalami disabilitas psikiatri sehingga mengganggu fungsi dan 
produktivitasnya. RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor membuka klinik 
‘Early Psychosis’ untuk memberikan layanan holistik dan paripurna 
bagi masyarakat yang membutuhkan.
 

 


Oleh :
dr.Lahargo Kembaren, SpKJ (psikiater)
Kepala Bidang Medik RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
 

 
 





 

0 comments:

Post a Comment