Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Sering Berdebar Belum Tentu Sakit Jantung, Bisa Jadi Gangguan Ansietas

Monday, March 23, 2015 Posted by Lahargo Kembaren 4 comments
Kita memiliki organ-organ tubuh yang sangat vital sehingga ketika terjadi suatu hal yang tidak biasa maka kekhawatiran seringkali datang. Organ jantung adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting dalam menjaga kelangsungan hidup kita. Jantung berfungsi mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh dengan cara memompa darah dengan berdenyut sehingga bagian tubuh yang lain bisa berfungsi dengan baik. Gangguan jantung ditandai dengan adanya irama denyut jantung, dada terasa sesak, berat seperti tertindih, nyeri di dada kiri yang menjalar ke lengan kiri dan punggung. Sering berdebar mungkin merupakan tanda adanya suatu gangguan pada jantung sehingga pemeriksaan oleh dokter ahli diperlukan. Tetapi jantung yang sering berdebar belum tentu suatu gangguan jantung yang membahayakan, bisa jadi itu adalah suatu gangguan psikologis yang disebut gangguan ansietas.

Gangguan ansietas/cemas bisa mengenai siapa saja dalam setiap waktu kehidupannya. Pengenalan gejala dan penanganan yang tepat dibutuhkan supaya yang bersangkutan bisa bebas dari keluhan-keluhan yang dirasakannya. Apa saja ciri-ciri seseorang mengalami gangguan ansietas/cemas, selain jantung yang terasa berdebar-debar, keluhan lain yang biasa dirasakan adalah :

Gejala psikologik:
Ketegangan, kekuatiran, panik, perasaan tak nyata, takut mati , takut ”gila”, takut kehilangan kontrol dan sebagainya.

Gejala fisik:
Gemetar, berkeringat, kepala terasa ringan, pusing, ketegangan otot, mual, sulit bernafas, baal, diare, gelisah, rasa gatal, gangguan di lambung, rasa sesak nafas; rasa sakit dada; kadang-kadang merasa harus menarik nafas dalam; ada sesuatu yang menekan dada; jantung berdebar; mual; vertigo; tremor; kaki dan tangan merasa kesemutan; kaki dan tangan tidak dapat diam ada perasaan harus bergerak terus menerus; kaki merasa lemah, sehingga berjalan dirasakan berat; kadang- kadang ada gagap.

Sensasi fisik yang dirasakan bisa terjadi karena pada gangguan ansietas/cemas ada saraf yang sedang terganggu keseimbangannya. Penyebab dari gangguan keseimbangan pada saraf ini bisa karena adanya trauma kepala, penyakit fisik sebelumnya, stres dalam kehidupan sehari-hari dan penggunaan narkoba.

Hal-hal yang bisa dilakukan ketika seseorang mengalami ansietas antara lain adalah :

  • Melakukan relaksasi, ini akan membuat tubuh yang tadinya tegang karena cemas menjadi lebih rileks dan santai 
  • Melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membuat rileks, yaitu : mendengarkan musik, berolahraga, menonton, ikut kegiatan-kegiatan sosial 
  • Melakukan ibadah/berdoa yang bisa membuat tenang 
  • Melatih berpikir rasional dan positif dalam hidup sehari-hari 
  • Mengatur pola makan dengan mengurangi karbohidrat dan lemak, meningkatkan asupan sayur dan buah serta minum air putih yang sering. Hindari minuman yang bisa memicu ansietas seperti : minuman beralkohol, kopi, teh, minuman energi, soda, dan minuman instant lainnya 
  • Berkonsultasi ke profesional kesehatan jiwa seperti : Psikiater, perawat jiwa atau psikolog untuk mendapatkan terapi yang lebih baik. Obat-obatan seperti obat anti ansietas akan sangat bermanfaat bila diberikan sesuai arahan psikiater dan kontrol secara rutin. Hindari penggunaan obat-obatan tanpa pengawasan ahlinya. 
Sering berdebar belum tentu gangguan jantung, bisa jadi adalah gangguan ansietas yang cukup banyak terjadi. Lakukan deteksi dini dan penanganan yang cepat tepat supaya keluhan-keluhan tersebut bisa segera teratasi dan Anda bisa kembali produktif dalam kehidupan sehari-hari. Salam sehat jiwa!


Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ (psikiater)
Kepala SMF Psikiatri RS. Dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

4 comments:

  1. Ternyata...
    terimakasih informasinya...
    sangat bermanfaat...
    jadi tidak usah cemas takut penyakit jantung....

    ReplyDelete
  2. oooooo jadi bukan hanya penyakit jantung ya... sekedar berbagi.... disini >> http://tinyurl.com/metokje << ada informasi mengenai penyakit jantung juga.. Sebaiknya Anda juga baca ya... untuk review... takutnya ada yang salah...

    ReplyDelete
  3. terima kasih banyak atas informasinya , , ,!

    ReplyDelete