Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Kenali Kepribadian Anda, Optimalkan Potensi Anda (Pentingnya Tes Kesehatan Mental)

Saturday, August 17, 2013 Posted by Lahargo Kembaren 1 comment


Kenali Kepribadian Anda, Optimalkan Potensi Anda
(Pentingnya Tes Kesehatan Mental)


Semarak pemilihan umum yang akan dilakukan tahun depan sudah mulai terasa gaungnya sejak sekarang ini. Semua persiapan dilakukan oleh para calon legislatif termasuk pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pemeriksaan kesehatan fisik dan juga mental. Pada pemeriksaan kesehatan mental, hal yang dilakukan adalah dengan mengisi  tes kesehatan mental yang di sebut MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory). Tes kesehatan mental ini dilakukan dengan mengisi sejumlah pernyataan dengan jawaban ya atau tidak dan kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam program komputer untuk selanjutnya dibaca hasilnya oleh dokter ahli kejiwaan / psikiater.  Pada pemeriksaan untuk caleg, hasil akhirnya tertulis apakah yang bersangkutan sehat jiwanya atau terganggu jiwanya tetapi sesungguhnya tes ini memuat berbagai hal tentang kejiwaan termasuk gejala gangguan jiwa dan potensi yang dimiliki oleh seseorang.

Penyesuaian diri merupakan usaha yang dilakukan individu agar dirinya mampu menjawab tuntutan dan tantangan dalam kehidupan. Seperti yang kita ketahui, dalam memahami penyesuaian diri ini sangat erat kaitannya dengan perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Perubahan ini akan selalu terjadi seiring dengan perkembangan jaman. Sehingga dengan kata lain, penyesuaian diri ini merupakan interaksi individu yang berkesinambungan dengan diri individu sendiri, dengan orang lain dan dengan dunia sekitar. Untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik ada lima karakteristik penyesuaian yang efektif yaitu : persepsi yang akurat, kemampuan mengatasi stress dan kecemasan, citra diri yang positif, kemampuan mengekspresikan perasaan, dan hubungan interpersonal yang baik. Dalam usahanya untuk menyesuaikan diri tidak selamanya individu berhasil. Mungkin individu tersebut mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri . Kesulitan menyesuaikan diri tersebut dapat membuat individu tersebut menjadi distress, cemas, merasa bersalah dan lain-lain. Untuk itu diperlukan suatu alat untuk dapat mengetahui bagaimana struktur kepribadian individu tersebut sehingga dapat terlihat potensi, kekurangan, dan kapasitas mentalnya. Kegagalan dalam menyesuaikan diri disebut maladaptif. Banyak individu mengalami maladaptif ini karena ada peristiwa-peristiwa yang menyebabkannya antara lain : masalah pekerjaan, perselisihan dengan pasangan, kehilangan orang yang disayangi, dll. Akibat dari maladaptif  ini adalah perasaan frustasi, keluhan fisik, perilaku yang berbahaya, efektifitas kerja yang menurun bahkan bias terjadi kesulitan bersosialisasi di masyarakat.

Tes kesehatan mental adalah merupakan suatu instrumen yang dapat menggambarkan kepribadiaan seseorang secara utuh sehingga dapat diketahui potensi yang dimiliki dan juga gejala-gejala gangguan jiwa yang terjadi. Dengan mengetahui kepribadian kita maka kita akan dapat mengoptimalkan potensi yang kita miliki dan memperbaiki hal-hal yang masih bisa ditingkatkan.

Tes Kesehatan Mental ini dapat digunakan sebagai tes kepribadian untuk :
·         Seleksi pegawai di perusahaan
·         Seleksi calon mahasiswa di perguruan tinggi
·         Seleksi tenaga kerja ke luar negeri
·         Penempatan seseorang yang cocok sesuai kepribadiannya
·         Mengetahui struktur kepribadian, gejala-gejala gangguan jiwa, potensi, kapasitas mental
·         Mengetahui “Indeks OCEAN” (change DNA)
·         Mengetahui potensi kerja, kemampuan adaptasi, kendala psikologis, perilaku beresiko, dan integritas mora

Tes kesehatan mental ini juga dapat bermanfaat untuk skrining dan deteksi dini adanya gangguan jiwa yang terjadi pada seseorang karena ini adalah sebuah tes yang obyektif. Sudah cukup sehatkah mental Anda ?


Dr.Lahargo Kembaren, SpKJ
Psikiater RS.Dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

1 comment:

  1. Dr.Lahargo Kembaren, SpKJ yth. setelah bmembaca artikel ini sY bermKSUD TES KESEHATAN MENTAL . mohon berkenan email intrumen MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory). ke sitiaisyah21212@yahoo.com atau gimana cara saya ingin tes tersebut . terima kasih .

    ReplyDelete