Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

GANGGUAN JIWA BISA DISEMBUHKAN

Sunday, August 18, 2013 Posted by Lahargo Kembaren No comments

Pada beberapa tahun dan dekade yang lalu kita sering melihat ‘orang gila’ di jalan-jalan dan berlari ketakutan sambil berteriak. Jaman sekarang pun masih banyak kita melihat orang-orang seperti ini di jalan-jalan protokol di kota kita tercinta. Secara psikiatri mereka ini  sekarang disebut ODMK (orang dengan masalah kejiwaan) karena sebutan ‘orang gila’ sudah tidak dipakai lagi karena memberikan stigma/cap yang buruk sekali pada keadaan seseorang yang sebenarnya dapat pulih dari keadaannya. ODMK memiliki karakteristik yang beragam dan tidak sama satu dengan yang lainnya. Sebagian besar kasus ODMK yang ada di jalan-jalan atau yang sering kami sebut di RSMM sebagai PG (psikotik gelandangan) ternyata dapat dipulihkan. Hampir semua ODMK yang dibawa oleh dinas sosial atau kelompok masyarakat yang peduli datang dengan keadaan yang sangat berat secara fisik maupun mentalnya. DI RSMM, pasien ini kemudian mendapatkan penanganan secara medis dan keperawatan. Kebersihan diri dijaga dan selalu dioptimalkan, obat-obatan diberikan untuk mengurangi dan menghilangkan gejalanya.  Semua itu ternyata memberikan hasil yang sangat baik dan para ODMK ini kemudian bisa pulih dari gejalanya, bisa berkomunikasi dengan baik dan bisa beraktivitas seperti layaknya orang yang normal lainnya. Oleh karena itu saat itu kita tidak perlu takut bila menderita gangguan kejiwaan dan tidak perlu segan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa seperti psikiater atau tidak perlu malu datang ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan pertolongan untuk gangguan kejiwaan yang kita alami.

Ada suatu gangguan kejiwaan yang disebut skizofrenia, yaitu suatu ganggaun jiwa yang cukup berat dan menyebabkan mereka yang menderitanya menjadi tidak produktif dan tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-harinya. Perubahan sikap, emosi dan perilaku menjadi tanda awal dari gangguan skizofrenia ini seperti :
·         Menarik diri dari lingkungan sekitar, lebih banyak diam di rumah dan tidak mau bergaul.
·         Prestasi di sekolah dan di tempat kerja yang menurun.
·         Pembicaraan yang tidak nyambung atau terjadi kesulitan dalam berkomunikasi.

Selanjutnya pada pasien dapat terjadi gejala-gejala tambahan yaitu :
·         Adanya halusinasi, seperti mendengar suara-suara bisikan, melihat bayangan-bayangan, merasa sesuatu yang aneh di kulitnya, mencium bau-bauan yang tidak biasa
·         Adanya waham, suatu keyakinan yang salah yang dipegang teguh, seperti merasa ada yg mengejar-ngejar, seperti pikirannya bisa dibaca oleh orang lain, curiga orang lain melakukan hal yang buruk pada dirinya, merasa dirinya adalah seseorang yang lain

Saat ini gangguan kejiwaan seperti skizofrenia ini dapat disembuhkan karena sudah ada nya obat-obatan yang modern. Obat-obatan untuk skizofrenia ini disebut obat ANTI PSIKOTIK, yaitu obat-obatan yang menstabilkan zat kimia (neurotransmiter) di saraf otak yang terganggu pada pasien skizofrenia. Obat-obat ini banyak jenisnya, ada yang namanya Haloperidol, Chlorpromazine, Trifluoperazine, Risperidone, Olanzapine, Quetiapine, Clozapine, Aripiperrazole. Ada juga obat suntik jangka panjang yang bisa diberikan seperti Sikzonoate dan Risperdal Consta untuk pasien-pasien yang tidak mau minum obat.
Jangan takut terhadap gangguan jiwa, konsultasikan dan ikuti aturan pengobatan dengan baik dan benar maka kesembuhan menjadi suatu harapan yang dapat diraih. Konsultasi juga bisa dilakukan dengan dokter-dokter puskesmas karena saat ini hampir seluruh dokter puskesmas di kota Bogor sudah dilatih untuk mengenali dan memberikan penanganan dini bagi gangguan jiwa. Salam sehat jiwa!


Dr.Lahargo Kembaren, SpKJ
Psikiater RS.Dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

0 comments:

Post a Comment