Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Skizofrenia !

Friday, November 13, 2009 Posted by Lahargo Kembaren , 2 comments
Skizofrenia adalah gangguan jiwa berat yang ditandai dengan ketidakmampuan individu menilai kenyataan yang terjadi (realitas).

Gambaran utama perilaku yang diperlihatkan oleh pasien yang menderita skizofrenia yaitu :
• Halusinasi (persepsi indera yang salah atau yang dibayangkan : misalnya, mendengar suara yang tak ada sumbernya atau melihat sesuatu yang tidak ada bendanya)
• Waham (ide yang dipegang teguh yang nyata salah dan tidak dapat diterima oleh kelompok sosial pasien, misalnya pasien percaya bahwa mereka diracuni oleh tetangga, menerima pesan dari televisi, merasa diamati/diawasi oleh orang lain, merasa ada pikiran asing yg keluar masuk otaknya, merasa pikirannya tersiar sehingga orang lain tahu, merasa memiliki kehebatan tertentu yg tdk masuk akal).
• Perubahan perilaku; menjadi aneh seperti menyendiri, kecurigaan berlebihan, mengancam diri sendiri, orang lain atau lingku ngan, bicara dan tertawa sendiri, serta marah-marah atau memukul tanpa alasan.
• Pembicaraan aneh atau kacau (tidak nyambung)
• Keadaan emosional yang labil dan ekstrim ( iritabel )

Hal yang perlu diketahui juga adalah bahwa, bila skizofrenia (bahkan semua gangguan jiwa yang lain) diketahui sejak dini dan cepat berobat ke psikiater, maka kesembuhannya bisa lebih cepat dan tidak menjadi semakin parah.

2 comments:

  1. apakah seseorang yang menganggap dirinya memiliki teman khayalan termasuk skizofrenia?

    ReplyDelete
  2. Pada usia anak, teman khayalan adalah bagian dari perkembangan mentalnya tetapi pada orang dewasa perlu dilakukan wawancara lebih dalam mengenai hal tsb apakah itu suatu bentuk halusinasi yang merupakan tanda gangguan skizofrenia

    ReplyDelete