Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Patah hati ? ... segeralah bangkit !

Friday, November 13, 2009 Posted by Lahargo Kembaren No comments
Menjadi orang yang patah hati memang tidak mengenakkan. Tapi tidak akan mengubah apa-apa bila kita hanya murung, merenungi nasib, dan bersedih. Hey … bangkitlah … masih banyak hal lain yang butuh perhatian kita. Berikut beberapa tips mengatasi patah hati :
• Tendang semua pikiran negatif : Orang yang patah hati sering sekali punya pikiran negatif seperti : ” Aku tidak dapat hidup tanpanya”, ” Aku tidak dapat hidup tanpa dia”, dll. Stop pikiran seperti itu dan gantikan dengan pikiran yang lebih positif dan realistik seperti : “Lelaki kan bukan Cuma dia saja”, “Aku rasa aku masih tetap bisa mengerjakan semua aktivitasku kok tanpa dia”, dll.
• Masukkan dalam kotak semua kenangan : Di setiap akhir sebuah hubungan selalu ada benda-benda yang menjadi kenangan, entah itu fotonya, hadiah/pemberiannya … yah setiap hal yang membawa seuntai memori di dalamnya. Setiap kita berjalan di dalam rumah, kamar, selalu ada “reminders” yang mengingatkan kita padanya sehingga dapat membuat kita lebih sedih lagi. Sekarang masukkan kotak semua benda-benda kenangan yang punya nilai sentimentil itu dan jauhkan dari pandangan kita. Hal ini akan membuat “reminders” itu tidak akan lagi bisa membajak pikiran kita.

Patah hati boleh saja ... tapi jangan lama-lama ... segeralah bangkit!

0 comments:

Post a Comment