Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Menjadi Ibu di Usia Muda : Risiko psikologis besar !

Friday, November 13, 2009 Posted by Lahargo Kembaren No comments
Menjadi seorang ibu di usia muda menjadi suatu tantangan dan konflik yang sulit bagi seorang anak, terlepas dari apapun penyebab dari kehamilan tersebut. Konflik dimulai ketika si anak ini harus mengandung seorang bayi. Si anak yang belum matang secara fisik dan seksual harus menghadapi suatu kenyataan dia harus mengandung, tentunya hal ini dapat berdampak pada kemungkinan munculnya resiko-resiko dan komplikasi dalam kehamilan dan juga persalinan, baik bagi si bayi demikian juga bagi si calon ibu. Kemungkinan adanya perdarahan, kesulitan dalam persalinan, bayi yang beratnya rendah, dan kelahiran prematur menjadi lebih besar dibandingkan dengan mereka yang mengandung dan melahirkan pada usia dewasa. Kematangan secara psikologis yang belum tercapai membuat sia anak menghadapi suatu stresor yang cukup berat, di saat anak-anak seusianya masih asyik bermain-main dan belajar, dia sudah harus menghadapi suatu kehamilan yang pada orang dewasa sajapun sudah cukup memusingkan. Bayi yang lahir dari seorang ibu usia muda juga memiliki resiko untuk mendapatkan ”penganiayaan” dan ”pengabaian” karena kurangnya pendidikan, kemampuan, dan hubungan emosi yang cukup dari si ibu yang masih muda.
Ketika stresor yang cukup berat ini terus menerus dirasakan oleh si ibu muda ini dan tidak ada usaha penyelesaiannya maka kemungkinan untuk jatuh kepada keadaan depresi menjadi lebih besar. Si ibu muda inipun beresiko untuk tidak meneruskan pendidikannya karena waktunya habis untuk mengurus anaknya sehingga pendidikannya menjadi rendah. Lingkungan dan teman-temannya menjadi menjauh sehingga ada kemungkinan ibu muda ini menjadi terasing.
Menghadapi keadaan ini, perlu sekali dukungan dari keluarga dengan perhatian baik secara moril, fisik, dan material agar si ibu muda ini tidak merasa sendirian dan bebannya menjadi lebih ringan. Bantuan tenaga profesional seperti psikiater sangat dibutuhkan terutama menyangkut aspek psikologis dari si ibu muda ini sehingga diharapkan tidak terjadi gangguan jiwa yang berat.


dr. Lahargo Kembaren
PPDS Psikiatri FKUI
Dokter Jaga UGD Psikiatri RS.Marzoeki Mahdi Bogor

0 comments:

Post a Comment