Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Kalahkan perasaan Minder

Friday, November 13, 2009 Posted by Lahargo Kembaren 2 comments
Perasaan minder adalah merupakan bagian dari adanya perasaan harga diri yang rendah. Satu waktu dalam kehidupan kita pernah kita merasa lemah, bodoh, tidak terlalu baik, kalah dibanding orang lain, tidak berguna, tidak menarik, jelek, tidak dicintai, dan gagal. Setiap orang menggunakan kata-kata itu untuk menggambarkan dirinya ketika menghadapi suatu tantangan hidup / stres dalam kehidupan mereka. Tetapi apabila orang tersebut terus menerus memikirkan hal tersebut maka dia memiliki masalah dengan harga diri yang rendah. Harga diri yang rendah / minder adalah pikiran negatif tentang diri kita sendiri dan menempatkan nilai negatif pada diri kita sendiri. Belum tentu orang lain berpikir hal yang sama dengan kita. Ada beberapa tips untuk mengatasi harga diri yang rendah, yaitu dengan memikirkan :
• Saya memiliki hak untuk berada di sini
• Saya cukup berharga
• Saya bermakna
• Saya senang menjadi diri saya sendiri
• Saya memiliki kekuatan saya sendiri
• Adalah hal yang baik memikirkan hal yang baik tentang diri sendiri

Gantikan pikiran yang negatif tentang diri sendiri dengan hal yang positif. Apabila Anda merasa bahwa hal tersebut sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, jangan ragu-ragu datang ke psikiater / psikolog yang tentunya akan memberikan pertolongan secara profesional.

2 comments:

  1. trus klo emank saya emang beneran jelek gimana?
    bukan cuma merasa jelek, tapi saya emank jelek.

    saya sering berusaha mengubah mindset saya, bahwa saya berhak ada disini dan saya berhak untuk bahagia dengan cara saya sendiri.
    tapi justru orang terdekat (keluarga) saya-lah yang menghancurleburkan pikiran positif saya.

    jadi gimana dunx?

    ReplyDelete
  2. satu hal yang paling bisa kita kuasai adalah pikiran kita. kita tidak bisa mengendalikan pandangan orang lain pada kita. pikiran sangat mempengaruhi emosi dan perilaku kita. menemukan pikiran negatif otomatis yang muncul adalah langkah awalnya ... selanjutnya coba review lagi pikiran itu ... adakah kemungkinan alternatif lainnya.

    ReplyDelete