Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Dampak psikologis perceraian bagi anak

Friday, November 13, 2009 Posted by Lahargo Kembaren No comments
Saat ini memang banyak sekali perceraian yang terjadi sekarang ini dan keluarga yang bercerai tersebut rata-rata sudah memiliki anak. Ketika orang tua sudah dapat mengerti dan pulih dari dampak sebuah perceraian, seorang anak sering kali merasakan adanya ketakutan, kebingungan dan perasaan tidak aman. Sebuah perceraian dapat menimbulkan perasaan depresi dan cemas bagi si anak dan juga munculnya masalah masalah di sekolah serta masalah dalam suatu hubungan nantinya. Seorang anak yang yang besar dari keluarga yang bercerai memiliki kemungkinan lebih besar untuk bercerai juga nantinya. Sebuah perceraian adalah suatu masa transisi yang harus dilalui oleh si anak, kehilangan salah satu orang tua mereka menjadi bagian yang penting dalam memahami apa yang terjadi pada psikologis anak. Kadang-kadang anak merasa bahwa dirinya lah yang menyebabkan orang tuanya harus berpisah sehingga anak merasa bersalah.
Memberitahukan masalah perceraian pada seorang anak adalah momen yang sangat sulit. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan :
 Jangan menyimpan rahasia ini dengan cara membohongi si anak
 Beritahukan masalah perpisahan tersebut berdua dengan pasangan Anda
 Buat pembicaraan tersebut sederhana dan langsung pada pokok masalah
 Beritahukan anak bahwa perceraian ini bukan kesalahan si anak
 Beritahukan bahwa hal ini membuat sedih bagi semuanya
 Yakinkan si anak bahwa kalian berdua akan selalu menyayangi dan selalu menjadi orang tua bagi mereka
 Jangan diskusikan kesalahan/masalah salah satu orang dengan anak
Apabila setelah perceraian terdapat tanda-tanda pada si anak, seperti kesedihan yang mendalam, menjadi agresif, tidak menurut, menarik diri, nilai-nilai di sekolah yang menurun dan adanya perubahan perilaku yang tidak baik maka mungkin dibutuhkan bantuan profesional di masalah kejiwaan seperti psikater / psikolog untuk mendampingi mengatasi masalah tersebut.

dr.Lahargo Kembaren
l_kembaren@yahoo.com

0 comments:

Post a Comment