Blog seorang psikiater di Kota Bogor yang membahas berbagai hal mengenai kesehatan jiwa. (Dr. Lahargo Kembaren, SpKJ)

Apakah anak saya waria ?

Friday, November 13, 2009 Posted by Lahargo Kembaren No comments
Perubahan gender seseorang tidak bisa ditentukan begitu saja dengan melihat hobinya dan juga teman bergaulnya yang tidak sesuai dengan dirinya. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tes yang disebut TKMI (Tes Kesehatan Mental Indonesia) atau bisa juga dengan COGIATI (Combined Gender Identity and Transsexuality Inventory). Dengan tes tsb dapat dilihat orientasi gender seseorang, lebih ke arah laki-laki atau perempuan.

Hal yang perlu diketahui adalah : Gender dan sex (jenis kelamin) adalah dua hal yang berbeda meskipun sering digunakan secara bergantian. Jenis kelamin adalah suatu bentuk fisik dan fungsi sedangkan gender adalah komponen dari identitas. Ada yang disebut transseksual yaitu orang yang dilahirkan dengan jenis kelamin tertentu tetapi pada perkembangannya dia tidak merasa nyaman dengan jenis kelamin tersebut dan ingin menjadi orang dengan jenis kelamin yang berbeda. Penyebabnya bisa dari faktor psikologis bisa juga memang karena adanya hormon tertentu yang tidak seimbang dalam tubuhnya. Diagnosis yang akurat perlu dilakukan untuk bisa dilakukannya management yang tepat.

Ada juga yang disebut sebagai ”cross-gender behavior” yaitu perilaku yang lebih suka melakukan hal- hal dilakukan oleh gender yang lain, misalnya anak laki – laki yang senang masak-masakan atau anak perempuan yang senang otomotif. Hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Tetapi apabila sudah ada tanda – tanda seperti : keinginan untuk berubah kelamin, tidak suka / benci menjadi seorang laki-laki/perempuan, dan adanya ketertarikan secara erotis terhadap sesama jenis, maka hal ini perlu diwaspadai ke arah transseksual.

Konsultasikan ke psikiater / psikolog akan membantu memecahkan masalah ini.

0 comments:

Post a Comment